Kamis, 20 September 2018

Pengertian, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan Air Cooler

·   0

Pengertian air cooler itu adalah alat elektronik yang menghasilkan kesejukan melalui proses penguapan air. Mudah kan? Mudah, intinya air cooler itu mengubah udara panas menjadi udara sejuk dengan cara menabrakkan udara panas dengan air, sehingga air tersebut menguap dan udara menjadi lebih sejuk. Lalu apa perbedaannya dengan air conditioner?

Di zaman yang penuh dengan teknologi ini sudah tidak mengherankan bila banyak bertebaran alat elektronik berteknologi terkini yang ada di sekitar kita. Salah satunya adalah alat pendingin ruangan yang bernama Air Cooler. Namun Air Cooler ini berbeda jauh dengan Air Conditioner dikarenakan dari segi fungsi Air Cooler bekerja untuk melembabkan ruangan bukan untuk menurunkan suhu ruangan sampai beberapa derajat dibawah suhu standar.
 Pengertian Air Cooler
Air Cooler merupakan alat pendingin pada sebuah ruangan yang bisa memproduksi udara dengan kesejukan tertentu. Air Cooler berbeda dengan Air Conditioner. Air Cooler bekerja mendinginkan ruangan dengan menggunakan bahan berupa es batu ataupun air biasa. Sementara itu Air Conditioner mendinginkan ruangan dengan menggunakan freon.


Cara Kerja Air Cooler

Air Cooler memiliki prinsip kerja mirip dengan kipas angin, tetapi terdapat beberapa perbedaan. Jika kipas angin cuma bekerja dengan menghasilkan hembusan angin ke seluruh ruangan secara merata, maka Air Cooler bekerja dengan mengombinasikan hembusan angin dengan media lain berupa air dingin, air es, atau ice pack.
Hal inilah yang menjadikan Air Cooler lebih terasa dingin ketimbang kipas angin. Peranti pendingin udara ini mampu untuk memberikan kesejukan pada ruangan dengan menurunkan temperatur sekira 3 – 5°C.
Air Cooler bekerja untuk menyejukkan dan bukan untuk mendinginkan seperti halnya Air Conditioner. Jadi, saat Air Cooler dihidupkan, air dari bak (tangki) akan disemprotkan bersamaan dengan hembusan angin yang berasal dari kipas yang terdapat di perangkat ini. Dengan demikian, udara yang dihasilkan akan terasa sejuk.

Beberapa pengguna Air Cooler menambahkan es atau ice pack pada tangkinya supaya semakin terasa kesejukannya. Ini membuat Air Cooler cocok dan terasa cukup nyaman ketika digunakan pada waktu cuaca sedang panas.

Air Cooler biasanya menggunakan air sebagai penyejuk yang dimasukkan ke dalam tangki bervolume 5 liter dengan perbandingan 2,5 liter air dan 2,5 liter batu es. Untuk mengaktifkan tangki itu, cukup menekan tombol.
Karena ada air es ini, angin yang diembuskan Air Cooler memberikan hawa sejuk. Beberapa Air Cooler terbaru juga memberikan beberapa fitur lebih seperti fungsi ionizer untuk menyaring bakteri.
Dalam jangka waktu tertentu, ice box yang semula berisi es batu akan mencair. Alhasil, Anda harus rajin mengisi air dan es batu untuk mendapatkan kesejukan. Jika tidak, fungsi perangkat itu tak ada bedanya dengan kipas angin biasa.

Keunggulan Dan Kekurangan Air Cooler

Keunggulan Air Cooler terletak pada penggunaan listrik yang jauh lebih hemat ketimbang Air Conditioner. Pada tipe stAndar, untuk start awal, biasanya daya yang dipakai sekitar 60 watt. Tapi, setelah berjalan atau dalam posisi stand by, daya yang dibutuhkan hanya sekitar 55 Watt. Bandingkan dengan Air Conditioner yang minimal butuh 300 Watt beroperasi.

Namun disamping itu Air Cooler berbeda penggunaannya dengan Air Conditioner. Tidak heran jika Air Cooler dibatasi hanya untuk ruangan tertentu yang tidak terlalu luas. Pasalnya, Air Cooler tidak bisa mendinginkan seluruh ruangan dan hanya mampu menjangkau sebagian kecil dari ruangan saja. Tidak seperti Air Conditioner yang bisa membuat semua penjuru ruangan terasa dingin, Air Cooler justru sebaliknya.

Karena Air Cooler bekerja dengan uap air. Tidak heran jika udara yang dihasilkan oleh Air Cooler terasa sangat lembap. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk selalu membuka jendela ketika Air Cooler sedang tidak diaktifkan sehingga ruangan Anda akan terhindar dari perkembangbiakan bakteri dan juga jamur.

Itu tadi artikel tentang definisi Air Cooler berikut cara kerjanya serta kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh Air Cooler. Semoga menambah wawasan Anda.

Subscribe to this Blog via Email :